BAB 1
BAGIAN AWAL
Pendataan dan Validasi Realisasi 8355 di SMPN 240Jakarta dalam Penerapan Mata Kuliah Character Building bersama Teach
For Indonesia.
Kelas : LV11
Dosen : Bapak
Frederikus Fios (D3093)
a.
Hari/tanggal : Senin,
23 November 2015
Durasiwaktu : 09.00– 10:00 WIB
Lokasi : Jl. Haji Raya No. 16 B, Kecamatan
Kebayoran baru, Jakarta selatan
b.
Tim
yang Hadir :
PIC : Susilahwati
Ohio 1601230936
Nama
Anggota : Ahmad Fauzi 1601240174
Dian Kusuma Indrani 1601223035
Iftiana 1601239456
Ismahan Chaerunnisa 1601288350
Nadya
Wangsanagara 1601222865
Niki Subagja 1601252123
Rifqi Okta Dimas 1601275676
BAB 2
BAGIAN ISI
2.1Teori
yang Diajarkan dikelas
Kegiatan
ini merupakan salah satu cara bagi kami untuk menerapkan Character Building secara nyata dan memiliki beberapa tujuan. Tujuan dari kegiatan ini
adalah membuat kami mengetahui
dan juga kami mendata ulang jumlah siswa yang ada di sekolah tersebut, selain itu membantu pemerintah dalam pendataan secara
benar dan efektif
agar data yang dimiliki oleh dinas maupun oleh sekolah merupakan data yang sama
dan benar adanya.
2.2Persiapan
dan pelaksanaan kegiatan:
Pada tahap awal yang kami lakukan adalah
kami diberikan informasi oleh TFI tentang prosedur melakukan tugas ini. Lalu
kami disuruh memilih sekolah oleh TFI tentang sekolah mana yang akan kami
kunjungi nantinya. Kami memilih SMPN 240 Jakarta, Setelah memilih sekolah yang
terdapat pada TFI dan setelah TFI menyetujui sekolah yang kami pilih.
Selanjutnya kami menyiapkan berkas apa saja yang nantinya akan kami bawa kepada
sekolah tersebut seperti data 8355 SMPN 240 Jakarta yang kami dapatkan dari TFI
dan form data verifikasi 8355. Setelah persiapan telah selesai, kami memutuskan
untuk mengunjungi SMPN 240 Jakarta pada hari jumat, 16 oktober2015.
Hari pertama kunjunganya itu pada hari
jumat, pukul 07.00 wib kami berkumpul di kampus terlebih dahulu, setelah semua berkumpul
kami berangkat menuju SMPN 240jakarta. Kami tiba pukul 09.00 wib Setelah tiba ditempat
tujuan pertama-tama kami memperkenalkan diri, dan menjelaskan tujuan kami
mengunjungi SMPN 240, yaitu kami ingin memverifikasi mengenai data 8355. Pada hari
pertama kami tidak bisa bertemu dengan kepala sekolah karena beliau sedang ada urusan
di luar. Kami pun bertemu dengan bapak Jazuri selaku wakil kesiswaan dan kami
langsung menjelaskan maksud dan tujuan kedatangan kami. Setelah kami menjelaskan,
kami tidak bisa melakukan kegiatan dikarenakan kepala sekolah tidak ada di
tempat, bapak Jazuri tidak bisa memberikan izin. Kami pun memutuskan untuk pulang
dan mencoba datang kembali di lain hari.
Pada hari kedua yaitu hari Senin23 Oktober
2015, kami melakukan kunjungan kembali kesekolah SMPN 240 Jakarta. Kami tiba pukul
09.00 wib dan kami menemui bapak Jazuri, kami juga tidak bisa menemui kepala sekolah
kembali karena beliau sedang ada urusan tetapi kepala sekolah sudah memberikan izin
kepada kami melalui bapak Jazuri. Kami dibantu untuk melakukan validasi data 8355.
Bapak Jazuri meminta data 8355 kepada staff TU untuk mengirimkan data 8355nya
kepada kami. Berhubung data tersebut banyak yaitu dari7-8, Bapak Jazuri mengirimkan
data tersebut kesalahsatu e-mail kami. Setelah itu kami meminta izin untuk datang
lagi yang nantinya untuk memberikan hasil pencocokan data 8355. Kami
berterimakasih dan kami memutuskan mengecek validasi data 8355 di kampus.
Setelah kami sampai di kampus kami melakukan pengecekan data 8355 yang dimiliki
oleh dinas dengan yang dimiliki oleh sekolah. Dan kami menemukan 3 siswa yang
tidak ada di data sekolah, tetapi ada di data 8355 milik dinas. Kami pun
mencatatnya ke dalam form data verifikasi 8355.
Pada hari berikutnya tanggal 23
November kami mengunjungi kembali SMPN 240 Jakarta. Tetapi ketua kelompok kami
tidak bisa ikut melaksanakan kegiatan ini dikarenakan matanya tiba-tiba bengkak
tidak tahu kenapa. Kami tiba pukul 09.00 wib,. Kami pun memberikan data
verifikasi 8355 kepada bapak Jazuri dan menanyakan keterangan dari hasil pencocokan
data tersebut. Bapak Jazuri pun menjelaskan bahwa 3 orang siswa tersebut sudah pindah
kesekolah lain, sehingga kami memberikan keterangan kedalam data verifikasi
8355. Kepala sekolah pun memberikan cap stempel dan menandatangani data
verifikasi 8355. Kami pun berterimakasih
kepada bapak Jazuri serta staff lainnya di sekolah tersebut karena sudah membantu
kita.
2.3Metode
Dalam proses mengerjakan tugas ini, kami menggunakan metode
analisis dan pencocokan data. Pertama kami menganalisis/ mempelajari data yang
kami peroleh selanjutnya kami mencocokan data yang kami peroleh dari dinas dan dari
sekolah. Dengan cara menggunakan Microsoft excel, kami mencari nama satu persatu
siswa secara berurutan. Dan mencatat siswa/i yang terdapat di dinas tetapi tidak terdapat
pada sekolah tersebut utnuk melakukan verifikasi ke pihak sekolah.
2.4Pelaksanaan
Survey
2.4.1
Survey eksternal : tugas untuk mendapatkan data 8355
dari sekolah, membuat kami dapat mengetahui lingkungan sekolah yang baru yang
belum pernah kami kunjungi sebelumnya. Kami juga bertemu dengan orang-orang
baru yang baik dan ramah dalam menyambut kedatangan kami serta tidak merasa keberatan
untuk dimintai data 8355, sehingga kami dapat mengerjakan tugas ini dengan baik.
2.4.2
Survey internal : data 8355 yang dimiliki sekolah
berbentuk soctcopy sehingga dapat dikirim melalui email dan memudahkan kami
dalam melakukan pencocokan data sekolah dengan dinas, serta data tersebu tidak akan
hilang ataupun rusak. Tetapi adanya data yang berbeda antara data sekolah dan dinas
menyebabkan kami harus mengkonfirmasi ke pihak sekolah agar kami dapat mengetahui
penyebab perbedaaan data sekolah dengan dinas.
BAB 3
BAGIAN PENUTUP
Jadi dari pengecekan
yang telah kami lakukan terhadap data 8355 dinas dan data 8355 sekolah dapat disimpulkan
bahwa, ada 3 siswa SMPN 240 jakarta yang ada di data dinas tetapi tidak ada di
data sekolah siswa tersebut adalah Anggraeni Kusuma Dewi, Gerald Alexander Mahendra
dan Panji Cristian Siagian. Setelah kami konfimasi ke pihak sekolah ternyata ketiga
siswa tersebut telah pindah sekolah. Kami pun sudah mencatat keterangan tersebut
ke dalam form verifikasi data 8355.
Setelah kami
mengerjakan tugas ini, kami dapat menyimpulkan bahwa dengan adanya tugas ini pada
mata kuliah CB Professional Development kami jadi mengetahui pentingnya dan bagaimana
kesamaan data yang ada di sekolah dengan dinas. Data di dinas dengan sekolah jika
berbeda akan membuat masalah kedepannya, seperti data siswa yang ada disekolah tetapi
tidak ada di dinas, nantinya siswa tersebut bisa saja tidak di daftarkan untuk melakukan
ujian nasional atau yang lain. Jadi sangat penting sekali untuk menyamakan data
yang dimiliki oleh dinas dengan sekolah.
Yang harus diperbaiki
kedepannya adalah TFI harusnya memberikan
informasi yang lebih jelas lagi tentang kegiatan ini di web ,seperti
pada data 8355 kelas berapa saja / tahun ajaran berapa saja yang harus di lakukan
verifikasi data 8355. Karena saat kita ditanyakan oleh pihak sekolah data
8355 tahun berapa kita juga tidak tahu dan kelas berapa yang dibutuhkan juga
tidak tahu.
Lampiran :
Lampiran :
Form Data Verifikasi 8355 SMPN 240 Jakarta |
Form Evaluasi - Verifikasi data 8355 SMPN 240 Jakarta |
Hasil Submit Verifikasi data 8355 |
0 komentar:
Posting Komentar